Minggu, 27 Juni 2010

TUGAS AKHIR MK. APLIKASI KOMPUTER DAN INTERNET

TUGAS BAGIAN I
MATA KULIAH APLIKASI KOMPUTER DAN INTERNET

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan e-learning ?
Jawab : Beberapa ahli mendefinisikan e-learning sebagai berikut :
a. Jaya Kumar C. Koran (2002), mendefinisikan e-learning sebagai sembarang pengajaran dan pembelajaran yang menggunakan rangkaian elektronik (LAN, WAN, atau internet) untuk menyampaikan isi pembelajaran, interaksi, atau bimbingan.
b. Dong (dalam Kamarga, 2002) mendefinisikan e-learning sebagai kegiatan belajar asynchronous melalui perangkat elektronik komputer yang memperoleh bahan belajar yang sesuai dengan kebutuhannya.
c. Soekartawi, Haryono dan Librero(200). Mendefinisikan e-learning sebagai berikut : e-Learning is a generic term for all technologically supported learning using an array of teaching and learning tools as phone bridging, audio and videotapes, teleconferencing, satellite transmissions, and the more recognized web-based training or computer aided instruction also commonly referred to as online courses.
d. Rosenberg (2001) menekankan bahwa e-learning merujuk pada penggunaan teknologi internet untuk mengirimkan serangkaian solusi yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.
e. Cambell (2002), Kamarga (2002) yang intinya menekankan penggunaan internet dalam pendidikan sebagai hakekat e-learning.
f. Onno W. Purbo (2002) menjelaskan bahwa istilah “e” atau singkatan dari elektronik dalam e-learning digunakan sebagai istilah untuk segala teknologi yang digunakan untuk mendukung usaha-usaha pengajaran lewat teknologi elektronik internet. Internet, Intranet, satelit, tape audio/video, TV interaktif dan CD-ROM adalah sebagian dari media elektronik yang digunakan Pengajaran boleh disampaikan secara ‘synchronously’ (pada waktu yang sama) ataupun ‘asynchronously’ (pada waktu yang berbeda). Materi pengajaran dan pembelajaran yang disampaikan melalui media ini mempunyai teks, grafik, animasi, simulasi, audio dan video. Ia juga harusmenyediakan kemudahan untuk ‘discussion group’ dengan bantuan profesional dalam bidangnya.
Dengan demikian dapat disimpulkan pengertian e-learning sebagai bentuk pendidikan jarak jauh yang dilakukan melalui media internet. Pembelajaran berlangsung menggunakan media elektronik (komputer/internet), siswa/learner tidak perlu berhadapan langsung dengan guru akan tetapi siswa dapat mengakses materi pembelajaran melalui internet. E-learning dapat juga disebut sebagai pembelajaran yang menggunakan teknologi komunikasi dan informasi (TIK) untuk mentransformasikan proses pembelajaran antara pengajar dan peserta didik.

2. Peralatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) apa saja yang digunakan untuk mendukung terlaksanannya e-learning ?
Jawab : Peralatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang digunakan untuk mendukung e-learning antara lain : TV interaktif dan CD-ROM, komputer/laptop dan panduan-panduan elektronik yang dirancang oleh "contents writer", designer e-learning dan pemrogram komputer Internet, Intranet, satelit, tape audio/video.

3. Sebutkan karakteristik bahan pembelajaran yang mendukung terlaksanannya e-learning !
Jawab : Karakteristik bahan pembelajaran yang mendukung terlaksananya e-learning antara lain :
a. Pembelajaran berpusat pada peserta didik.
b. Memanfaatkan jasa teknologi elektronik; di mana guru dan siswa, siswa dan sesama siswa atau guru dan sesama guru dapat berkomunikasi dengan relatif mudah dengan tanpa dibatasi oleh hal-hal yang protokoler.
c. Memanfaatkan keunggulan komputer (digital media dan computer networks)/ bercirikan multimedia.
d. Menggunakan bahan ajar bersifat mandiri (self learning materials) disimpan di komputer sehingga dapat diakses/mudah di up date oleh guru dan siswa kapan saja dan di mana saja bila yang bersangkutan memerlukannya.
e. Memanfaatkan jadwal pembelajaran, kurikulum, hasil kemajuan belajar dan hal-hal yang berkaitan dengan administrasi pendidikan dapat dilihat setiap saat di computer Untuk dapat menghasilkan e-learning yang menarik dan diminati, Onno W.Purbo (2002) mensyaratkan tiga hal yang wajib dipenuhi dalam merancang e-learning, yaitu : sederhana, personal, dan cepat. Sistem yang sederhana akan memudahkan peserta didik dalam memanfaatkan teknologi dan menu yang ada,dengan kemudahan pada panel yang disediakan, akan mengurangi pengenalan sistem e-learning itu sendiri, sehingga waktu belajar peserta dapat diefisienkan untuk proses belajar itu sendiri dan bukan pada belajar menggunakan sistem e-learning-nya. Syarat personal berarti pengajar dapat berinteraksi dengan baik seperti layaknya seorang guru yang berkomunikasi dengan murid di depan kelas. Dengan pendekatan dan interaksi yang lebih personal, peserta didik diperhatikan kemajuannya, serta dibantu segala persoalan yang dihadapinya. Hal ini akan membuat peserta didik betah berlama-lama di depan layar komputernya. Kemudian layanan ini ditunjang dengan kecepatan, respon yang cepat terhadap keluhan dan kebutuhan peserta didik lainnya.Dengan demikian perbaikan pembelajaran dapat dilakukan secepat mungkin oleh pengajar atau guru.


4. Berikan gambaran secara singkat tentang belajar berbasis teknologi informasi dan komunikasi (ICT based learning) !
Jawab : ICT based learning adalah pembelajaran yang menggunakan teknologi komunikasi dan informasi (TIK), TIK digunakan untuk mentransformasikan proses pembelajaran antara pengajar dan peserta didik dengan tujuan utama meningkatkan efisiensi dan efektivitas, transparansi, dan akuntabilitas pembelajaran. Peralatan yang digunakan dalam ICT antara lain: komputer, jaringan LAN (local area network), WAN (wide are network), internet, intranet, satelit, TV, CD ROM, dan sebagainya. Dengan bahan pembelajaran : bercirikan multimedia, yaitu mempunyai teks, grafik, animasi, simulasi, audio, video.

5. Jelaskan perbedaan antara e-learning model dan mobil learning model !
Jawab : E-learning model adalah model pembelajaran menggunakan elektronik atau pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan media internet sedangkan Mobile learning model adalah salah satu model pembelajaran jarak jauh/e-learning yang merupakan interseksi dari mobile computing dan e-learning yang menyediakan : sumber daya yang dapat diakses dari manapun, kemampuan sistem pencarian yang tangguh, interaksi yang kaya, dukungan yang penuh terhadap pembelajaran yang efektif dan penilaian berdasarkan kinerja.

6. Jelaskan manfaat yang dapat diperoleh bagi siswa dan guru dalam penerapan e-learning model !
Jawab : Manfaat yang dapat diperoleh bagi siswa dan guru dalam penerapan e-learning model adalah :
a. Bagi siswa :
- Membangun interaksi ketika siswa melakukan diskusi secara online.
- Mengakomodasi perbedaan peserta didik.
- Peserta didik dapat mengulang materi pelajaran yang sulit berkali-kali, sampai pemahaman diperoleh.
- Kemudahan untuk diakses, kapan dan dimana saja.
- Peserta didik dapat belajar dalam suasana yang ‘bebas tanpa tekanan’, tidak malu untuk bertanya (secara online).
- Menghemat waktu dan biaya perjalanan.
- Mendorong siswa menelusuri informasi ke situs-situs pada world wide web.
- Mengijinkan peserta didik memilih target dan materi yang sesuai pada web.
- Mengembangkan kemampuan teknis dalam menggunakan internet.
- Mendorong peserta didik utk bertanggung jawab terhadap belajarnya dan membangun self-knowledge dan self-confidence.
b. Bagi guru :
- Kemudahan akses kapan dan dimana saja.
- Menghemat biaya perjalanan dan akomodasi, kaitannya dengan program-program pelatihan.
- Mendorong pengajar mengakses sumber pelajaran yg up-to-date.
- Memungkinkan pengajar mengkomunikasikan gagasannya dalam cakupan wilayah yang lebih luas

7. Sebutkan beberapa kriteria yang yang perlu diperhatikan dalam pemilihan bahan untuk e-learning !
Jawab : Beberapa kriteria yang yang perlu diperhatikan dalam pemilihan bahan untuk e-learning adalah :
a. Berbasis komputer, antara lain : memuat informasi baru, menyatakan tujuan pembelajaran dengan jelas, peserta didik dapat mengetahui kemampuannya (pemahamannya) melalui latihan-latihan secara on line, ada umpan balik terhadap hasil penilaian.
b. Memperhatikan kaidah media pembelajaran, antara lain : Pengetahuan : 11% melalui pendengaran dan 83% melalui penglihatan, kemampuan daya ingat : 20% dari pendengaran dan 50% melalui penglihatan
c. Menarik dan berkesan, misalnya pada variasi teks, warna, grafik, animasi, simulasi, audio, video.
d. Efisiensi biaya.

8. Persyaratan dan kualifikasi apa yang harus dipenuhi bagi seorang guru dan siswa supaya dapat melaksanakan e-learning !
Jawab : Persyaratan dan kualifikasi yang harus dipenuhi bagi seorang guru dan siswa supaya dapat melaksanakan e-learning adalah mengenal dan menguasai TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi), mengenal dan dapat mengoperasikan komputer, mengenal dan bisa mengakses jaringan internet. Tenaga pendidik (guru) harus bisa memanfaatkan/ mengintegrasikan TIK dalam pembelajaran/dapat menyusun bahan pembelajaran yang dapat diakses siswa melalui internet. Sedangkan siswa dapat melakukan praktek langsung untuk mengakses informasi, men-download materi pelajaran, tugas dari guru maupun untuk berinteraksi melalui e-mail.

9. Jelaskan secara singkat kapan dan bagaimana TIK digunakan untuk expository based learning
Jawab : TIK digunakan untuk expository based learning pada saat :
a. Menarik atensi siswa dengan menggunakan gambar, video, animasi dalam konteks dunia nyata.
b. Digunakan untuk menyampaikan informasi dengan presentasi, tutorial, simulasi, demosntrasi.
c. Untuk memberikan latihan, ada umpan balik secara langsung.
d. Digunakan untuk memfasilitasi penilaian.
e. Computer-assisted Test: desain tes, administrasi tes, pengumpulan respon, analisis hasil, serta pemberian umpan balik.

10. Jelaskan secara singkat kapan dan bagaimana TIK digunakan untuk inquiry based learning !
Jawab : TIK digunakan untuk inquiry based learning pada saat :
a. Memberikan problem / tugas-tugas yang berhubungan dengan dunia nyata kepada siswa.
b. Digunakan untuk pada saat proses pembelajaran untuk memfasilitasi eksperimen, eksplorasi, dan pencarian informasi.
c. Membuat presentasi atau mendemonstrasikan hasil diskusi kelompok.
d. Digunakan pada saat penyajian demonstrasi hasil/unjuk kerja.

11. Sebutkan fungsi dari web browser !
Jawab : Web browser digunakan untuk mengakses fasilitas WWW. Web browser memudahkan pengguna internet untuk mengakses dokumen di WWW. Browser yang beredar di pasaran antara lain: Internet Explorer, Netscape Communicator, Opera, dan Mozila Firefox.

12. Jelaskan apa yang dimaksud dengan internet dan intranet !
Jawab : Internet (Interconnected Network) adalah system komunikasi yang menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia dengan protocol standar TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) sehingga dapat saling berkomunikasi dan bertukar informasi, sedangkan Intranet adalah sebuah jaringan privat (private network) yang menggunakan protokol-protokol Internet (TCP/IP), untuk membagi informasi rahasia perusahaan atau operasi dalam perusahaan tersebut kepada karyawannya. Istilah intranet hanya merujuk kepada layanan yang terlihat, yakni situs web internal perusahaan. Umumnya, sebuah intranet dapat dipahami sebagai sebuah "versi pribadi dari jaringan Internet", atau sebagai sebuah versi dari Internet yang dimiliki oleh sebuah organisasi.

13. Uraikan langkah-langkah menggunakan search engine untuk mencari file dengan ekstensi ppt !
Jawab : Salah satu layanan yang bisa diberikan internet adalah penyediaan informasi yang terbuka, baik itu informasi berupa file teks (naskah/artikel), audio, atau video. Untuk keperluan pendidikan dan pembelajaran, dimungkinkan melakukan pencarian terhadap file-file tertentu dari internet dan men-download-nya. Search engine merupakan salah satu fasilitas internet yang dijalankan melalui browser untuk mencari informasi yang kita inginkan. Search engine menampung database situs-situs dari seluruh dunia yang jumlahnya milyaran halaman web. Langkah-langkah menggunakan Search engine adalah sebagai berikut :
a. cukup dengan memasukkan kata kunci maka search engine akan menampilkan beberapa link situs yang disertai dengan keterangan singkat.
b. Situs search engine tsb akan menampilkan maksimal 10 link situs yang berkaitan dengan kata kunci.
c. Pilih link yang menurut anda tepat dengan cara mengerakkan mouse pada halaman web, bila tanda mouse berubah menjadi gambar tangan pada text atau gambar tertentu, itu menandakan bahwa teks atau gambar tersebut merupakan link, kalau kita klik link tersebut, maka halaman akan berganti sesuai dengan link yang kita klik. Apakah halaman web yang terbuka menyajikan informasi yang kita cari, bila ya simpan, bila tidak maka kembali lagi ke halaman sebelumnya dengan meng-klik ikon back.

14. Jelaskan apa yang dimaksud dengan CC dan BCC pada e-mail !
Jawab : Cc adalah Alamat Lain (tembusan surat) BCc : Alamat yang lain lagi. CC dan BCC digunakan apabila akan mengirimkan pesan melalui e-mail ke lebih dari satu alamat e-mail.

15. Jelaskan apa yang dimaksud dengan milis !
Jawab : Milis adalah kependekan dari mailing list, yang dapat diartikan sebagai kelompok penerima. Milis : kependekan dari mailing list, yang dapat diartikan sebagai daftar kelompok penerima surat elektronik. Dalam Yahoo!groups diistilahkan dengan group. Manfaat Milis antara lain sebagai efisiensi dalam berkirim e-mail. Seorang anggota cukup mengirimkan e-mail ke satu alamat e-mail (group), untuk kemudian disebarkan ke anggota milis, diskusi antar anggota, sharing ide, sharing files, polling, komunitas dunia maya (virtual).
Adapun manfaat Milis dalam pembelajaran adalah sebagai sarana diskusi secara elektronik antara guru dan siswa, serta antara siswa dan siswa dalam kelasnya/ kelompoknya, pooling, memberi pengumuman, dan pengiriman tugas-tugas. Selain hal tersebut di atas manfaat Milis yang lain adalah sebagai sarana persahabatan ; misal : milis alumni, milis komunitas tiger. Sebagai sarana promosi, sarana diskusi dalam topik tertentu dan sebagai sarana pelayanan pelanggan.

1 komentar:

  1. la, bagian berikutnya mana ? tak tunggu
    (sastrogenter80an@gmail.com) (kelas III/E)

    BalasHapus